Langgar Protokol Kesehatan di Solo Bakal Dihukum Bersihkan Sungai dan Selokan

banner 160x600
banner 468x60

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan sanksi baru bagi para pelanggar protokol kesehatan. Setelah hukuman menyapu 100 meter, sanksi sosial selanjutnya adalah membersihkan sungai dan selokan. Aturan terkait sanksi tersebut akan dituangkan dalam Perwali (peraturan wali kota).

"Warga yang terjaring operasi petugas gabungan gugus tugas dan tidak memakai masker atau memakai masker secara tidak benar langsung diberikan sanksi membersihkan sungai dan selokan," kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Senin (31/8).

Menurutnya, dibanding denda, sanksi membersihkan sungai dan selokan lebih bermanfaat. Apalagi kondisi sungai saat ini mengalami pendangkalan akibat sedimentasi dan sampah. Di antaranya sungai Jenes, PP, Gajah Putih, serta selokan di Jalan Bhayangkara, Jalan Sutoyo dan lainnya.

"Jadi sanksinya bukan menyapu lagi. Membersihkan sungai atau selokan itu lebih bermanfaat," ujarnya.

Sanksi denda, lanjut Rudy, tidak diberlakukan karena kondisi perekonomian warga akibat pandemi Covid-19.

"Untuk makan saja tidak bisa kok mau didenda. Lebih baik sanksinya membersihkan sungai dan selokan," terangnya.

Rudy menyampaikan, sanksi sosial tersebut berlaku tidak hanya bagi warga, namun juga untuk pelaku usaha yang tidak menaati dan mematuhi protokol kesehatan. Bagi pelaku usaha yang tidak menyediakan tempat cuci tangan, juga diberikan sanksi membersihkan sungai dan selokan.

"Sanksinya sama, membersihkan sungai dan selokan. Nanti ada petugas yang mengawasi. Begitu ada yang melanggar langsung dibawa ke sungai terdekat dan membersihkannya," jelasnya.

Dia menyampaikan tersebut baru akan diberlakukan pada pertengahan September 2020. Pihaknya terlebih duku akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum diberlakukan.

"Ini Perwali baru disusun. Kalau sudah ditandatangani dan disosialisasikan, baru diterapkan," pungkas Rudy.

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/langgar-protokol-kesehatan-di-solo-bakal-dihukum-bersihkan-sungai-dan-selokan.html

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Langgar Protokol Kesehatan di Solo Bakal Dihukum Bersihkan Sungai dan Selokan"