Fokus Peta Jalan Indonesia Digital Untuk 4 Sektor Strategis

February 6, 2021 / pojoknus
00-21-23-kominfo-menteri-johnny-raker-komisi-I-peta-jalan-indonesia-digital-AYH-2

Menteri KOMINFO, Jhony G.Plate

POJOK NUSANTARA – Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyusun peta jalan atau Roadmap Indonesia Digital 2021-2024. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan peta jalan yang memuat empat sektor strategis sesuai arahan Presiden Joko Widodo itu telah selesai dan sedang dilaporkan kepada Presiden.

“Secara garis besar Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 ini memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan, implementasi pelaksanaan dan target capaian untuk transformasi digital Indonesia di empat sektor strategis,” ujar Menteri Johnny dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI di Gedung DPR-RI Senayan, Jakarta, Senin (01/02/2021).

Menurut Menteri Kominfo, dokumen Peta Jalan Indonesia Digital saat ini secara pararel telah disampaikan kepada Presiden untuk selanjutnya mendapatkan arahan dan petunjuk kebijakan lebih lanjut sebelum disampaikan kepada publik. “Peta jalan Indonesia Digital 2021-2024 disusun berdasarkan lima arahan Bapak Presiden, menyangkut percepatan transformasi digital Indonesia,” ungkapnya.

Pada bulan Agustus 2020, saat memimpin Rapat Terbatas Perencanaan Transformasi Digital, Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk percepatan transformasi digital dilakukan lima langkah, pertama, segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Kedua, Presiden meminta agar dipersiapkan peta jalan atau road map transformasi digital di sektor-sektor strategis. Beberapa sektor tersebut antara lain pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, dan penyiaran agar utilitisasi infrastruktur juga meningkat.

Ketiga, Presiden meminta agar integrasi pusat data nasional dipercepat. Keempat, Presiden ingin agar kebutuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital disiapkan. Dan kelima, Presiden meminta agar jajarannya segera menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

100 Kegiatan

Menteri Johnny merinci empat sektor strategis dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia mencakup infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. “Penyusunan peta jalan itu juga melibatkan mitra Kementerian Kominfo, kementerian dan lembaga terkait, termasuk perwakilan sektor swasta dan masyarakat,” tandasnya.

Secara umum, Menteri Kominfo menegaskan arahan Presiden Joko Widodo diterjemahkan dalam empat arah strategis yang dikelompokkan ke dalam empat sektor strategis. “Kemudian, arahan strategis di setiap sektor tersebut diturunkan menjadi rincian-rincian inisiatif strategis yang lebih spesifik untuk mempermudah pelaksanaan di kemudian hari,” jelasnya.

Dalam pembuatan inisiatif strategis, Menteri Johnny menyatakan, Kementerian Kominfo berusaha mencakup berbagai bidang secara komprehensif. “Hal ini dilakukan sebagai upaya membuka ruang bagi pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendorong realisasi transformasi digital Indonesia yang didalamnya tidak kurang dari 100 kegiatan yang harus dilakukan,” tandasnya.(tim/pn)

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Desa Siru Gelar Musrembangdes

February 23, 2021

Situasi Musrembangdes POJOK NUSANTARA-Labuan Bank,Pemerintah Desa Siru, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), untuk tahun rencana 2022.(08/02/2022). Camat Lembor, yang […]

GMIT Klasis Sabu Timur Himbau Warga Sabu Jaga Ketertiban & Kondusifitas Hingga Pelantikan Bupati Nanti

February 20, 2021

POJOK NUSANTARA-Sabu, Gereja Mahsei Injili di Timor (GMIT) mengajak masyarakat Sabu Raijua agar selalu menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) pasca pelaksanaan pemilihan Bupati dan […]

Pendistribusian 1000 Sembako Presiden RI Kepada Masyarakat Disekitar Waduk NAPUN GETE

February 20, 2021

POJOK NUSANTARA- Maumere,Bertempat di Lapangan Makodim 1603/Sikka Jln. Jend. Ahmad Yani Kel. Waioti Kec. Alok Timur Kab. Sikka, telah dilangsungkanya apel persiapan pembagian bantuan presiden […]

Kodim 1613/SB Membagikan Bantuan Sembako Presiden RI

February 19, 2021

Pembagian Sembako Dimasyarakat POJOK NUSANTARA-Waikabubak, Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Irawan Agung Wibowo,S.T,M.Tr(Han) bersama Polres Sumba Barat beserta Ketua dan Pengurus Persit Koorcab XVIII Kodim […]

Danrem 161/Wira Sakti ikuti Rapim TNI Tahun 2021

February 19, 2021

POJOK NUSANTARA- Kupang,Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2021 secara virtual, Selasa (16/02/2021) di Ruang Rapat Mako […]

ads
ads
ads