Jadikan Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju

January 5, 2021 / pojoknus
Menteri KOMINFO RI, Johny G.Plate

POJOK NUSANTARA-Jakarta,Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melewati sepanjang tahun 2020 dengan cukup tangguh di tengah tantangan pandemi COVID-19. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan saat ini seluruh sivitas Kementerian Kominfo mengemban tanggung jawab untuk menjadikan Indonesia Terkoneksi melalui digitalisasi agar semakin maju.

“Yang pertama dari sisi satuan kerja masing-masing Kominfo, Presiden Joko WIdodo telah memberikan arahan kepada kita apa yang menjadi tugas kita. Pada intinya bahwa Bapak Presiden mengingatkan tantangan pandemi COVID-19 ini jangan menjadi faktor yang membuat kita mundur, khawatir dan takut berlebihan. Tetapi justru COVID-19 ini menjadi satu titik loncatan baru, bahkan bukan loncatan baru saja, loncatan raksasa, itu Presiden bilang,” ujarnya dalam Rapat Virtual bersama seluruh ASN Kementerian Kominfo dari Jakarta, Senin (04/01/2021).

Menurut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo harus mengambil peran untuk membantu masyarakat melakukan lompatan raksasa melalui penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang jauh lebih hebat dan jauh lebih kuat.

“Pada saat di mana kehidupan kemasyarakatan, kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi justru saat ini bergantung pada tersedianya infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang jauh lebih hebat dan jauh lebih kuat. Bukan secara kebetulan, tapi memang bagian dari program Presiden untuk meningkatkan internet-link ratio di Indonesia. Untuk memperkecil digital divide yang merupakan bagian dari roadmap pembangunan nasional,” paparnya menjelaskan agenda utama Kementerian Kominfo di tahun 2021.

Dalam rapat virtual itu, Menteri Kominfo tugas besar yang dihadapi bersama jajarannya saat ini menjadikan Indonesia terkoneksi yang kian dipercepat dengan adanya pandemi.

“Faktor akselerasinya adalah COVID-19 yang justru menjadi bagian dari pendorong Kominfo untuk bekerja lebih hebat lagi. Saya berharap Sekretariat Jenderal menjadi bagian terdepan untuk mengantar Kementerian Kominfo menjadi kementerian tidak saja komunikasi, tetapi juga kementerian digital yang progresif dan transformatif,” tuturnya.

Menteri Johnny dalam menjalankan tugas besar yang harus dilakukan di awal tahun 2021 itu membutuhkan kolaborasi semua pihak, “Ini bukan pekerjaan yang main-main tapi pekerjaan yang betul-betul menjadi pekerjaan kolaborasi di antara kita sekalian,” jelasnya.

Selain itu, menurut Menteri Kominfo target Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju menjadi moto yang sangat penting bagi Indonesia saat ini. “Mengantarkan Indonesia sebagai bangsa digital dan mengambil bagian yang bermanfaat dari industri 4.0 yang tidak bisa dihindari. Untuk itu maka kita terlebih dahulu harus mengantar Kementerian Kominfo, sebelum mengantar Indonesia terkoneksi kita mengantar dulu Kominfo Connect. Terkoneksinya Kominfo menjadi satu kekuatan yang besar sehingga di Kominfo semakin digital semakin maju,” paparnya.

Menteri Johnny menyatakan guna mewujdukan Indonesia semakin terkoneksi semakin maju, maka Kementerian Kominfo harus menjadi role model. “Saya meyakini apa lagi di Jakarta, tersedianya bandwidth cukup besar, jaringan-jaringan infrastrukturnya luar biasa hebatm dan manajemennya sistemnya yang kita harus atur agar pemanfaatannya itu optimal,” tandasnya.(PN)
SIARAN PERS NO. 03/HM/KOMINFO/01/2021

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Jacki Uly Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Liliba

May 11, 2022

Kupang, Anggota Komisi III DPR RI Dari Fraksi NasDem, Drs. Jacki Uly., M. H melakukan kunjungan kerja, sosialisasi sekali setahun di masyarakat kelurahan liliba, Kecamatan […]

Pemuda Katolik Mendukung KPU, Bawaslu & DKPP untuk Perbaikan Kualitas Demokrasi Di Tahun Politik 2024

February 1, 2022

Suasana Zoom Meeting Kegiatan Jakarta, Komisi II DPR bersama pemerintah, KPU, dan Bawaslu telah menyepakati tanggal 14 Februari 2024 sebagai jadwal Pemilihan Umum (Pemilu): Pilpres […]

Tim Rapel.Id Bangun Kerjasama Dengan Gereja Di Tangerang

February 1, 2022

Tim Rapel.Id Bersama Gereja Paroki St. Helena, Lippo Karawaci, Curug, Tangerang Pojok Nusantara – Tangerang. Tim Rapel Tangerang melakukan pengambilan sampah anorganik (bahan daur ulang) […]

Jacki Uly: Penyelenggaraan Pemilu 2024 Harus Lebih Baik Dari Pemilu Sebelumnya

January 31, 2022

Anggota Komisi II DPR RI Dari Fraksi NasDem, Drs.Y.Jacki Uly.,M.H Jakarta. Komisi II DPR RI melakukan Rapat Kerja bersama Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum, […]

KSP Kopdit Sa’nai Kupang Gelar RAT Ke XVI TB 2021

January 17, 2022

Pengurus, Dewan Penasehat, Dewan Pengawas dan Perwakilan Dinas Koperasi & Naketrans Provinsi NTT Kupang. Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sa’nai Kupang kembali melakukan Rapat Anggota Tahunan […]

ads
ads
ads