Pemda Malaka Dukung Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat

June 7, 2021 / pojoknus
IMG-20210607-WA0073

Bupati Malaka Panen Cabai Besar Di Kebun Percontohan Polsek Wewiku di Desa Biris, Kecamatan Wewiku

POJOK NUSANTARA – Betun, Pemerintah Kabupaten Malaka sangat mendukung kegiatan positif dari masyarakat dan stakeholder lainnya, yang bertujuan mensejahterahkan masyarakat. Pemerintah juga sepenuhnya akan berkolaborasi dengan berbagai komponen dalam meningkatkan swasembada pangan khususnya yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH saat hadir dalam kegiatan Panen Cabai Besar di Kebun Percontohan Polsek Wewiku di Desa Biris, Kecamatan Wewiku, Senin (7/672021)

Bupati Simon Nahak, lebih lanjut mengemukakan melalui dinas tekhnis seperti Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) dan Ketahanan Pangan, program seperti penanaman hasil perkebunan seperti ini harus didukung.

“Setelah melihat apa yang telah dihasilkan ini instansi tekhnis seperti Pertanian dan Ketahanan Pangan harus bisa intervensi untuk pembibitan, pemupukan dan pendampingan, sehingga tetap bermanfaat bagi masyarakat,” kata Doktor Hukum Pidana ini.

Bupati Malaka juga pada kesempatan yang sama menegaskan kepada Camat dan Kepala Desa untuk berkomunikasi dengan masyarakat, agar lahan-lahan tidur dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya secara baik dan mengembangkannya.

Bupati Simon Nahak pun mengaku bahwa kegiatan pertanian seperti ini sangat mendukung program prioritas Kabupaten Malaka yakni Swasembada Pangan.

“Salah satu program yang kami usung adalah swasembada pangan yang harus dimulai dengan pemberdayaan lahan dan tanaman. Sehingga, kita tetap memberikan semangat kepada masyarakat untuk bekerja dan produksinya akan dipasarkan secara baik sehingga tidak sia-sia,” ungkapnya lagi.

Kapolsek Wewiku Iptu Sonny sebagai penanggung jawab Kebun Percontohan ini mengutarakan ada 16 Program Prioritas Kapolri dan salah satunya adalah peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sebagai terjemahannya kami berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa untuk membuat kelompok tani dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada. Hasilnya seperti yang kita saksikan hari ini dengan panen perdana,” katanya.

Dilaporkan Kapolsek Wewiku bahwa awalnya anakan yang ditanam 4 ribu pohon, akan tetapi bencana banjir April lalu membuat banyak yang mati. Sehingga ditanam lagi sebanyak 1500 anakan dan yang siap dipanen kurang lebih 3 ribu pohon.

“Inilah yang membanggakan kami karena bisa ada hasilnya seperti sekarang ini,  walaupun dengan dana murni secara pas-pasan dari kami anggota Polsek Wewiku,” ujarnya sambil berharap kolaborasi seperti ini terus dipertahankan.

Dirinya juga berterima kasih kepada pihak DGW dan PPL Pertanian yang selalu mendampingi dalam mengolah lahan ini dan ke depannya akan  ada lagi lahan pertanian yang dimanfaatkan untuk budi daya pepaya California dan Melon.

Sementara itu Camat Wewiku, Manfred Laak melaporkan bahwa jumlah di Kecamatan Wewiku terdapat 120 Poktan yang tersebar di 12 Desa. Untuk usaha tani, lahan yang digunakan untuk penanaman jagung pada Musim Tanam I sebesar 2620 ha, sorgum sebesar 60 ha, kacang hijau sebesar 150 ha, kacang tanah sebesar 35 ha dan ubi kayu sebesar 215 ha.

Panen perdana Cabai Besar di Kebun Percontohan Polsek Wewiku dihadiri Wakapolres Malaka Kompol I Ketut Saba, Danramil 1605-09 Biuduk Foho-Wewiku, Poktan dan anggota Polsek Wewiku. (kominfomalaka-Jo/PN)

Posted in ,
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Anis Tinal Terpilih sebagai Ketua Umum FOKMAP-NTT

September 14, 2021

Forum komunikasi Mahasiswa Papua Nusa Tenggara Timur. Usai Mengadakan Pelantikan Badan pengurus baru periode 2021-2023, Sekaligus Ibadah Syukuran. Dalam Musyawarah Besar (MUBES), Forum Komunikasi Mahasiswa […]

7 Tips Menjadi YouTuber Sukses

September 14, 2021

POJOK NUSANTARA – Opini,Salah satu platform digital yang saat ini digemari oleh banyak kalangan baik muda maupun tua adalah youtube.jika di tanya pada anak anak […]

Kolaborasi Digital Leader, Menkominfo: Kepemimpinan Digital Kunci Transformasi

September 13, 2021

POJOK NUSANTARA – Jakarta, Era disrupsi ditandai dengan pesatnya perkembangan digitalisasi yang memunculkan beragam inovasi dan perubahan besar secara fundamental mengubah sistem tatanan dan lanskap […]

Rapel Semarang Lakukan Tindak Lanjut PHBS Di Tambak Mulyo

September 10, 2021

POJOK NUSANTARA – Semarang, Sebagai tindak lanjut program peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tambak Mulyo, tim Rapel (Rapel.id) Semarang yang dipimpin Fitri […]

Jadi Katalis Transformasi Digital, Menteri Johnny: Pemerintah Prioritaskan 10 Sektor

September 9, 2021

Siaran Pers No. 322/HM/KOMINFO/09/2021 Rabu, 8 September 2021 Tentang POJOK NUSANTARA – Jakarta, Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo mengenai agenda percepatan transformasi digital nasional, Kementerian […]

ads
ads
ads