KSP Kopdit Sa’nai Kupang Gelar RAT Ke XVI TB 2021

January 17, 2022 / pojoknus
IMG-20220109-WA0037

Pengurus, Dewan Penasehat, Dewan Pengawas dan Perwakilan Dinas Koperasi & Naketrans Provinsi NTT

Kupang. Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sa’nai Kupang kembali melakukan Rapat Anggota Tahunan ( RAT) ke XVI untuk tahun buku 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada ( Minggu, 09/01/2022) , bertempat di aula kopdit solidaritas.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan online dengan mematuhi protokol kesehatan covid 19. Peserta yang hadir dalam kegiatan RAT tersebut, selain anggota, pengurus, dewan pengawas dan penasehat, turut serta hadir pemerintah dalam hal ini dinas koperasi provinsi NTT.

Ketua Pengurus, Kopdit Sa’nai Kupang, Silvester Tena, ST.,MT dalam sambutan menyampaikan beberapa hal.

” Pada momen berahmat ini, saya mengajak kita sekalian untuk merunduk sejenak menyampaikan puji dan syukur kehadirat Tuhan, karena Ia begitu baik memberikan anugerah kehidupan bagi kita di Tahun 2021 dan sampai saat ini, kita semua masih dalam keadaan sehat walafiat, meskipun badai covid-19 telah merusak berbagai sendi kehidupan termasuk sendi ekonomi. Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pengurus dan pengawas menyampaikan “Salam Damai Natal 25 Desember 2021 bagi kita yang merayakan dan selamat Tahun Baru 1 Januari 2022” bagi kita semua,” Ujarnya.

Kami pengurus dan pengawas telah menepati janji bahwa RAT TB 2021 akan terjadi 09 Januari 2022 (hari ini). Dan saat ini juga saya umumkan RAT XVII TB 2022 akan terjadi pada tanggal 15 Januari 2023. Mengapa mundur, karena kita telah menggunakan aplikasi digital sehingga tutup buku harus pada tanggal 31 Desember 2022.

Lebih lanjut, Ketua KSP Kopdit Sa’nai tersebut menjelaskan terkait pencapaian Koperasi.

” Atas semua pencapaian ini, saya patut menyampaikan terima kasih kepada pemerintah (Dinas Koperasi, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi NTT) yang setiap kali ada kegiatan pengembangan SDM, KSP Kopdit Sa’nai selalu diberi kesempatan. Dan mulai Bulan Mei 2021, Pemda Prov NTT melalui Dinas Koperasi dan nakertrans telah mengikutkan Kopdit Sa’nai dalam program Digitalisasi Koperasi yang sampai saat ini kita nikmati. Semoga kita dapat memanfaatkan aplikasi digital ini untuk meningkatkan layanan kepada anggota dalam proses menyimpan, meminjam dan mencicil, semuanya penuh digital. Demikian juga memanfaatkan layanan belanja online untuk token listrik, pulsa hp, membayar BPJS, dan lain-lain. Sekitar 20% anggota telah menggunakan secara digital dalam proses simpan, pinjam dan pencicilan pinjaman.
Saat ini kita telah memiliki produk non ekuitas yakni Simpansa, Sipentingsa, Sisuka, Sihanai (jumlah terbatas, untuk tidak terjadi monopoli simpanan). Semoga anggota yang berkelebihan dananya bisa menyimpan di Kopdit Sa’nai, ” Ungkapnya.

Kepada Dewan Pengurus dan Pengawas yang telah bekerja dengan tulus dan ikhlas sepanjang TB 2021, kami sampaikan terima kasih. Dewan Penasihat yang selalu mengingatkan dan memberikan motivasi setiap RAT atau setiap pelaksanaan kegiatan arisan/koperasi setiap bulan. Selanjutnya kepada semua anggota yang telah mempertahankan karakternya sebagai insan koperasi yang sejati dengan mempertahankan nilai-nilai dasar koperasi yakni nilai-nilai menolong diri sendiri, tanggung jawab pribadi, demokrasi, persamaan, keadilan, kesetiakawanan, nilai-nilai ethis dan kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial dan peduli terhadap orang lain. Telah menjadi Anggota yang bijaksana yakni rajin menyimpan, pinjam sesuai kemampuan dan mengangsur secara teratur.
RAT kali ini kita mengusung tema “Digitaliasi KSP Kopdit Sa’nai mendukung layanan kepada Anggota di era Pandemi Covid-19. Era digital menjadi tantangan tersendiri dan saat ini kita sudah masuk didalamnya, meskipun masih terdapat 25 orang yang belum memanfaatkan aplikasi digital ini. Perkembangan teknologi akan semakin maju dan kita patut mengikutinya, agar kita tidak tertinggal.

” Tantangan dalam KSP Kopdit Sa’nai: Budaya menyimpan rutin masih rendah (kalau ada rencana pinjam baru mulai menyimpan), pinjaman belum semuanya bersifat produktif, pencicilan belum sesuai perjanjian (pokok dan bunga), anggota memiliki kredit yang sama di tempat lain (butuh kejujuran anggota) dan proteksi pinjaman yang perlu dipikirkan bersama.

Sekali lagi terima kasih kami sampaikan kepada Pemda Provinsi NTT yang selalu mendukung Kopdit Sa’nai. Terima kasih Dewan Penasihat dan Dewan Pengawas yg tetap memberi motivasi dan semangat dalam mengabdi. Terima kasih kepada anggota yang telah setia menyimpan, meminjam sesuai kemampuan dan mengembalikan secara teratur.

Suasana RAT Kopdit Sa'nai Kupang

Akhir kata, kami atas nama pengurus dan pengawas memohon maaf atas segala kekeliruan dan kelalaian sebagai manusia yang lemah dalam pelayanan selama Tahun Buku 2021. Semoga Tuhan berkenan memberkati dan leluhur merestui semua perjuangan baik kita di Tahun 2022 melalui wadah KSP Kopdit Sa’nai.

Ketua Dewan Penasehat, Frans Dima Lendes,

” Kita patut bersyukur kepada Tuhan, karena ditengah pandemi covid 19 yang melanda sampai dengan saat ini, kita masih bisa bertemu dalam keadaan sehat walafiat. Tentu ini bukanlah hal yang mudah dijalankan oleh pengurus ataupun anggota, ” Ujarnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan terkait harapannya buat Koperasi Kopdit Sa’nai kedepannya.

” Sebagai pengawas, tugas saya tentu memberikan nasehat – nasehat agar seluruh pengurus beserta jajaran tetap menjalankan tugasnya dengan baik, dan bagi anggota KSP Kopdit Sa’nai untuk kita terus bersatu hati untuk membangun Koperasi tercinta kita ini,” Ujarnya

Sementara itu, Mewakili Dinas Koperasi dan Nakertrans Provinsi NTT, Umbu Ndaparoka. Beliau baru saja dilantik dalam jabatan fungsional sebagai Pengawas Koperasi Provinsi NTT.
” Saya atas nama Kepala Dinas Koperasi dan Nakertrans Provinsi NTT menyampaikan permohonan maaf karena beliau tidak bisa hadir pada RAT KSP Kopdit Sa’nai. Saya juga ketika mendapat undangan untuk hadir dalam acara ini tentu membuat saya sangat cemburu dengan koperasi ini, karena selalu menjadi yang pertama di seluruh Koperasi di NTT yang menjalani RAT. Ini tentu sebuah konsistensi yang luar biasa buat KSP Kopdit Sa’nai. Kemudian pencapaian koperasi dinilai sehat 80 persen. Keadaan ini menggambarkan meski ada kekurangan namun KSP Kopdit Sa’nai terus meningkatkan kapasitas apalagi dengan ikut terlibat pelayanan koperasi secara digital. Semoga pencapaian – pencapaian ini terus memberikan dampak positif bagi anggota koperasi kedepannya, ” Harapnya.(J/PN)

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Jacki Uly Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Liliba

May 11, 2022

Kupang, Anggota Komisi III DPR RI Dari Fraksi NasDem, Drs. Jacki Uly., M. H melakukan kunjungan kerja, sosialisasi sekali setahun di masyarakat kelurahan liliba, Kecamatan […]

Pemuda Katolik Mendukung KPU, Bawaslu & DKPP untuk Perbaikan Kualitas Demokrasi Di Tahun Politik 2024

February 1, 2022

Suasana Zoom Meeting Kegiatan Jakarta, Komisi II DPR bersama pemerintah, KPU, dan Bawaslu telah menyepakati tanggal 14 Februari 2024 sebagai jadwal Pemilihan Umum (Pemilu): Pilpres […]

Tim Rapel.Id Bangun Kerjasama Dengan Gereja Di Tangerang

February 1, 2022

Tim Rapel.Id Bersama Gereja Paroki St. Helena, Lippo Karawaci, Curug, Tangerang Pojok Nusantara – Tangerang. Tim Rapel Tangerang melakukan pengambilan sampah anorganik (bahan daur ulang) […]

Jacki Uly: Penyelenggaraan Pemilu 2024 Harus Lebih Baik Dari Pemilu Sebelumnya

January 31, 2022

Anggota Komisi II DPR RI Dari Fraksi NasDem, Drs.Y.Jacki Uly.,M.H Jakarta. Komisi II DPR RI melakukan Rapat Kerja bersama Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum, […]

KSP Kopdit Sa’nai Kupang Gelar RAT Ke XVI TB 2021

January 17, 2022

Pengurus, Dewan Penasehat, Dewan Pengawas dan Perwakilan Dinas Koperasi & Naketrans Provinsi NTT Kupang. Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sa’nai Kupang kembali melakukan Rapat Anggota Tahunan […]

ads
ads
ads