BPBD Papua Laporkan Banjir Di Kab. Keerom

February 11, 2021 / pojoknus

Kondisi Banjir, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua

POJOK NUSANTARA- Papua,Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir yang merendam rumah warga di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua pada Selasa (9/2) sejak pukul 08.00 Wita.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua melaporkan banjir terjadi di tiga distrik yaitu Distrik Arso, Arso Barat, dan Arso Timur yang berdampak pada 4.406 jiwa mengungsi sementara di Gedung Pramuka.

BPBD Provinsi Papua masih melakukan pengumpulan data melalui Tim Siaga Bencana Kampung (TSBK). Selain itu juga dilakukan pengarahan personil gabungan yang terdiri dari BPBD Provinsi Papua, BPBD Kabupaten Keerom, RAPI, TNI, dan POLRI.

BPBD setempat memantau adanya kebutuhan dasar bagi para pengungsi yang ada di Gedung Pramuka serta rehabilitasi jembatan di Arso PIR 1 yang rusak akibat terdampak banjir sepanjang kurang lebih sepanjang satu kilometer.

Adapun Bupati Kabupaten Keerom telah menetapkan status tanggap darurat penanganan banjir melalui Surat Keputusan Bupati No : 363/572/BUP/2021 terhitung mulai 3 hingga 16 Febuari 2021.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas tinggi di sertai petir dan hujan kencang masih akan terjadi di Kabupaten Keerom Papua hingga dua hari kedepan.

Menurut kajian dari InaRISK, Kabupaten Keerom memiliki potensi risiko banjir sedang hingga tinggi pada tujuh kecamatan dengan 17.456 jiwa terpapar risiko tersebut.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan tgerhadap ancaman bencana hidrometeorologi, mengingat prakiraan puncak musim penghujan masih berlangsung hingga akhir Februari 2021. Masyarakat juga dapat memantau prakiraan cuaca melalui laman BMKG dan mengetahui risiko becnana yang ada di wilayahnya melalui laman InaRISK.

Berbagai upaya juga dapat dilakukan untuk pencegahan bencana banjir seperti melakukan pembersihan maupun penanaman kembali pada daerah resapan air, mempersiapkan persediaan air minum, makanan ringan, obat-obtan, maupun mematikan arus listrik dalam rumah apabila banjir akan melanda serta membangun koordinasi antar warga dalam menginformasikan peringatan dini banjir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Jacki Uly Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Liliba

May 11, 2022

Kupang, Anggota Komisi III DPR RI Dari Fraksi NasDem, Drs. Jacki Uly., M. H melakukan kunjungan kerja, sosialisasi sekali setahun di masyarakat kelurahan liliba, Kecamatan […]

Pemuda Katolik Mendukung KPU, Bawaslu & DKPP untuk Perbaikan Kualitas Demokrasi Di Tahun Politik 2024

February 1, 2022

Suasana Zoom Meeting Kegiatan Jakarta, Komisi II DPR bersama pemerintah, KPU, dan Bawaslu telah menyepakati tanggal 14 Februari 2024 sebagai jadwal Pemilihan Umum (Pemilu): Pilpres […]

Tim Rapel.Id Bangun Kerjasama Dengan Gereja Di Tangerang

February 1, 2022

Tim Rapel.Id Bersama Gereja Paroki St. Helena, Lippo Karawaci, Curug, Tangerang Pojok Nusantara – Tangerang. Tim Rapel Tangerang melakukan pengambilan sampah anorganik (bahan daur ulang) […]

Jacki Uly: Penyelenggaraan Pemilu 2024 Harus Lebih Baik Dari Pemilu Sebelumnya

January 31, 2022

Anggota Komisi II DPR RI Dari Fraksi NasDem, Drs.Y.Jacki Uly.,M.H Jakarta. Komisi II DPR RI melakukan Rapat Kerja bersama Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum, […]

KSP Kopdit Sa’nai Kupang Gelar RAT Ke XVI TB 2021

January 17, 2022

Pengurus, Dewan Penasehat, Dewan Pengawas dan Perwakilan Dinas Koperasi & Naketrans Provinsi NTT Kupang. Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sa’nai Kupang kembali melakukan Rapat Anggota Tahunan […]

ads
ads
ads