Ganjar Pranowo : “Jateng Di Rumah Aja” Dilaksanakan Akhir Pekan Ini

February 3, 2021 / pojoknus
IMG-20210202-WA0030-768x512

Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

POJOK NUSANTARA-SEMARANG, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sedang menyiapkan surat edaran untuk daerah-daerah terkait pelaksanaan “Jateng di Rumah Saja”. Rencananya, program ini akan dilaksanakan akhir pekan ini.
“Hasil rapat dengan para Sekda dan alhamdulillah sebagian besar setuju. Kira-kira kita siap di tanggal 6-7 (Februari) untuk melakukan gerakan di rumah saja secara bersama-sama,” ucap Ganjar di rumah dinasnya, usai mengikuti rapat monitoring vaksinasi Covid-19 dengan Menteri Kesehatan RI, Selasa (2/2/2021).

Dalam edaran, lanjut Ganjar, juga disiapkan imbauan pada tempat-tempat keramaian untuk tutup pada 6-7 Februari mendatang. Ganjar menyebut, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih sekaligus penyemprotan disinfektan.

“Hanya dua hari tempat-tempat keramaian pariwisata toko pasar kita istirahat dulu. Nah nanti pasar-pasar kesempatan kita semprot semuanya biar sekalian bersih, tempat pariwisata juga ditutup dulu,” jelasnya.

Ganjar berharap, pelaksanaan Jateng di Rumah Saja dapat memunculkan kesadaran pada masyarakat. Sebab, pelaksanaan ini takkan efektif tanpa partisipasi masyarakat.

“Sehingga kita harapkan masyarakat dua hari tidak tumpah ruah di jalan. Semua ada di rumah dan kita minta partisipasi ini dilaksanakan oleh seluruh masyarakat. Ini sudah disiapkan surat edarannya nantinya agar per hari ini nanti bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Ganjar mengatakan, kebijakan ini merupakan respon dari daerah setelah Presiden RI Joko Widodo dalam keterangan persnya beberapa waktu lalu menyebut pelaksanaan PPKM gagal.
“Dan cara itulah yang kira-kira menurut saya penting, untuk menerjemahkan apa yang diinginkan oleh pemerintah,” kata Ganjar.

Menurutnya, Presiden mengatakan PPKM gagal itu artinya semua yang di daerah harus mencari cara-cara ekstra, untuk berupaya menekan pertumbuhan kasus Covid-19.

Oleh karena itu, lanjut Ganjar, dia menggagas kebijakan Jateng di Rumah Saja. Dengan harapan memberi pemahaman pada masyarakat tentang kedisiplinan, yang akan berdampak baik pada penurunan kasus Covid-19.

“Nah kita mau uji coba, coba ke masyarakat ini Covid-nya masih tinggi lho ya, korban sudah banyak lho ya, rumah sakit makin penuh lho ya. Nah dengan kondisi seperti ini, ayo kita bareng-bareng berpartisipasi. Kita latihan dua hari saja, tanggal 6-7 (Februari) kita di rumah. Nah kalau itu bisa dilaksanakan, eh siapa tahu Jawa Tengah bisa jadi contoh,” tandasnya.
Sebelumnya diberitakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menawarkan solusi guna menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satunya mengajak seluruh masyarakat Jateng tetap di rumah saja selama dua hari.

Usulan itu disampaikan Ganjar saat memimpin rapat evaluasi penanggulangan Covid-19 di kantornya, Senin (1/2/2021). Langkah itu layak dicoba mengingat peningkatan kasus Covid-19 tetap terjadi, meskipun sejumlah kebijakan telah diambil. Bahkan, akibat kasus ini, sudah banyak orang meninggal dunia, termasuk tenaga kesehatan, romo kiai, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta lainnya. (Humas Jateng/PN)

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Desa Siru Gelar Musrembangdes

February 23, 2021

Situasi Musrembangdes POJOK NUSANTARA-Labuan Bank,Pemerintah Desa Siru, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), untuk tahun rencana 2022.(08/02/2022). Camat Lembor, yang […]

GMIT Klasis Sabu Timur Himbau Warga Sabu Jaga Ketertiban & Kondusifitas Hingga Pelantikan Bupati Nanti

February 20, 2021

POJOK NUSANTARA-Sabu, Gereja Mahsei Injili di Timor (GMIT) mengajak masyarakat Sabu Raijua agar selalu menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) pasca pelaksanaan pemilihan Bupati dan […]

Pendistribusian 1000 Sembako Presiden RI Kepada Masyarakat Disekitar Waduk NAPUN GETE

February 20, 2021

POJOK NUSANTARA- Maumere,Bertempat di Lapangan Makodim 1603/Sikka Jln. Jend. Ahmad Yani Kel. Waioti Kec. Alok Timur Kab. Sikka, telah dilangsungkanya apel persiapan pembagian bantuan presiden […]

Kodim 1613/SB Membagikan Bantuan Sembako Presiden RI

February 19, 2021

Pembagian Sembako Dimasyarakat POJOK NUSANTARA-Waikabubak, Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Irawan Agung Wibowo,S.T,M.Tr(Han) bersama Polres Sumba Barat beserta Ketua dan Pengurus Persit Koorcab XVIII Kodim […]

Danrem 161/Wira Sakti ikuti Rapim TNI Tahun 2021

February 19, 2021

POJOK NUSANTARA- Kupang,Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2021 secara virtual, Selasa (16/02/2021) di Ruang Rapat Mako […]

ads
ads
ads