Resolusi Bumdes : Ayo Bicara Bisnis ! B2B

February 4, 2021 / pojoknus
IMG_20210204_163931

Rudy Suryanto (Founder Bumdes.id)

POJOK NUSANTARA- Opini,Menyimak acara Resolusi dan Konsolidasi Bumdes se Kalteng, yang diselenggarakan oleh Forum Bumdes Indonesia Wilayah Kalteng, hati ini menjadi bersemangat dan berbahagia.

Arahnya sudah tepat. Saatnya Bumdes-Bumdes bicara Bisnis. Ini meneguhkan prinsip dasar yang diusung Bumdes.id dan Forum Bumdes Indonesia yaitu B2B.

*Business to Business (B2B)*

Bumdes.id melayani Bumdes-Bumdes yang ingin menjalankan penguatan kelembagaan, bisnis, manajemen, keuangan dan keberlanjutan, TANPA melihat latar belakang, asal, golongan, daerah dan afilisasi organisasi.

Menjunjung etika bisnis dalam prinsip kesetaraan (equality) dan kemitraan jangka panjang.

*Bumdes to Bumdes (B2B)*

Senantiasa, tidak pernah lelah, terus bergerak untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes-Bumdes di seluruh Indonesia, sehingga terbangun Pilar Ekonomi Baru di Indonesia, untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan peningkatkan kesejahteraan umum, khususnya di masyarakat perdesaan.

Pilar Ekonomi Baru Indonesia kami yakini bermula dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Sesuai prinsip dan semangat yang ada di pasal 33 UUD 1945. Tujuannya satu meningkatkan kesejahteraan umum, yaitu kesejahteraan yang dirasakan banyak pihak. Upaya itu tidak pernah berhasil tanpa upaya ‘mencerdaskan kehidupan berbangsa’. Sehingga masyarakat harus cerdas dalam bekerja, cerdas dalam mengelola keuangan dan cerdas dalam melakukan investasi.

*Back to Basic (B2B)*

Pandemi mengajarkan kita untuk menguatkan ketahanan ekonomi dan ketahanan sosial. Itu semua bermula dari pangan. Kalau pangan terancam, ekonomi goyah, kehidupan sosial akan resah. Sehingga Bumdes-Bumdes perlu orientasi ulang untuk membangun basis-basis ketahanan pangan.

Masalah pangan bukan karena ketiadaan lahan ataupun teknologi, tetapi tata niaga yang tidak adil. Untuk itu Bumdes-Bumdes jadilah tengkulak dan rentenir yang baik. Supaya petani sejahtera. Anak muda mau lagi jadi petani. Masa depan Indonesia akan baik-baik saja.

Ayo Bicara Bisnis. Kurangi energi untuk diskusi hal-hal yang tidak menghasilkan. Fokuskan energi untuk kita bisa sama-sama lolos dari pandemi yang entah kapan ini berakhir. Kuncinya kembali ke jatidiri. Tingkatkan kerjasama. Bangun basis-basis produksi. Benahi tata niaga. Kuatkan literasi dan keuangan lokal.

Jurusnya *B2B (Busines to Business, Bumdes to Bumdes, Back to Basic)*

Siap bergerak?

#AyoBicaraBisnis
#TerusBergerak

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Sejumlah SMP & SMA Di Jakarta Apresiasi Vaksinasi Yang Diadakan Partai NasDem

July 28, 2021

POJOK NUSANTARA – Jakarta, Hari ke – 25 Partai NasDem bantu pemerintah mengadakan vaksinasi gratis di lima titik DKI Jakarta, Sejumlah Sekolah baik Sekolah Menengah […]

Menkominfo Apresiasi Windy Cantika Rebut Medali Pertama Bagi Indonesia

July 27, 2021

Atlet Angkat Besi, Windy Cantika Aisah POJOK NUSANTARA – Jakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi atlet angkat besi, Windy Cantika Aisah, yang […]

Gubernur Jateng Pastikan Masyarakat Terima Bansos Disaat PPKM Darurat Diberlakukan

July 27, 2021

Gubernur Jawa Tengah (Foto:Humas Jateng) POJOK NUSANTARA – Semarang, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta semua pihak memastikan bantuan sosial untuk masyarakat segera disalurkan menyusul […]

Presiden Jokowi: PPKM Level 4 Dilanjutkan, Menyesuaikan Di Sejumlah Sektor

July 27, 2021

POJOK NUSANTARA -Jakarta, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melanjutkan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dari tanggal 26 Juli hingga tanggal 2 […]

Kasatreskrim Polres Malaka: Terkait Laporan Wartawan SI Sedang Berproses

July 26, 2021

Kasatreskrim Polres Malaka, Iptu Jamari, S.H., M.H POJOK NUSANTARA – Betun, Kasus kekerasan terhadap Araksi NTT dan penghinaan serta menghalang – halangi tugas jurnalis oleh […]

ads
ads
ads