Resolusi Bumdes : Ayo Bicara Bisnis ! B2B

February 4, 2021 / pojoknus
IMG_20210204_163931

Rudy Suryanto (Founder Bumdes.id)

POJOK NUSANTARA- Opini,Menyimak acara Resolusi dan Konsolidasi Bumdes se Kalteng, yang diselenggarakan oleh Forum Bumdes Indonesia Wilayah Kalteng, hati ini menjadi bersemangat dan berbahagia.

Arahnya sudah tepat. Saatnya Bumdes-Bumdes bicara Bisnis. Ini meneguhkan prinsip dasar yang diusung Bumdes.id dan Forum Bumdes Indonesia yaitu B2B.

*Business to Business (B2B)*

Bumdes.id melayani Bumdes-Bumdes yang ingin menjalankan penguatan kelembagaan, bisnis, manajemen, keuangan dan keberlanjutan, TANPA melihat latar belakang, asal, golongan, daerah dan afilisasi organisasi.

Menjunjung etika bisnis dalam prinsip kesetaraan (equality) dan kemitraan jangka panjang.

*Bumdes to Bumdes (B2B)*

Senantiasa, tidak pernah lelah, terus bergerak untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes-Bumdes di seluruh Indonesia, sehingga terbangun Pilar Ekonomi Baru di Indonesia, untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan peningkatkan kesejahteraan umum, khususnya di masyarakat perdesaan.

Pilar Ekonomi Baru Indonesia kami yakini bermula dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Sesuai prinsip dan semangat yang ada di pasal 33 UUD 1945. Tujuannya satu meningkatkan kesejahteraan umum, yaitu kesejahteraan yang dirasakan banyak pihak. Upaya itu tidak pernah berhasil tanpa upaya ‘mencerdaskan kehidupan berbangsa’. Sehingga masyarakat harus cerdas dalam bekerja, cerdas dalam mengelola keuangan dan cerdas dalam melakukan investasi.

*Back to Basic (B2B)*

Pandemi mengajarkan kita untuk menguatkan ketahanan ekonomi dan ketahanan sosial. Itu semua bermula dari pangan. Kalau pangan terancam, ekonomi goyah, kehidupan sosial akan resah. Sehingga Bumdes-Bumdes perlu orientasi ulang untuk membangun basis-basis ketahanan pangan.

Masalah pangan bukan karena ketiadaan lahan ataupun teknologi, tetapi tata niaga yang tidak adil. Untuk itu Bumdes-Bumdes jadilah tengkulak dan rentenir yang baik. Supaya petani sejahtera. Anak muda mau lagi jadi petani. Masa depan Indonesia akan baik-baik saja.

Ayo Bicara Bisnis. Kurangi energi untuk diskusi hal-hal yang tidak menghasilkan. Fokuskan energi untuk kita bisa sama-sama lolos dari pandemi yang entah kapan ini berakhir. Kuncinya kembali ke jatidiri. Tingkatkan kerjasama. Bangun basis-basis produksi. Benahi tata niaga. Kuatkan literasi dan keuangan lokal.

Jurusnya *B2B (Busines to Business, Bumdes to Bumdes, Back to Basic)*

Siap bergerak?

#AyoBicaraBisnis
#TerusBergerak

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

News Feed

Reses Di Sabu, Jacki Uly Dengarkan Aspirasi Masyarakat

April 25, 2024

Seba, Anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi NasDem, Y. Jacki Uly., S.I.K., M.H melakukan kunjungan kerja reses perseorangan di kabupaten sabu raijua, pada hari […]

Jacki Uly Ajak Masyarakat Amarasi Perkuat Empat Pilar Bangsa

March 16, 2024

Oelamasi, Anggota DPR RI, Y. Jacki Uly., M.H dari Fraksi NasDem melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Sahraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang. Turut […]

Kundapil Di Fontein, Jacki Uly Siap Bantu Masyarakat Terkait Hukum

March 7, 2024

Kupang, Anggota DPR RI dari Komisi III, Fraksi NasDem, Y. Jacki Uly., M.H kembali melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan ( KUNDAPIL) kota kupang, tepatnya di daerah […]

Reses Di Sabu, Jacki Uly Konsisten Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

December 28, 2023

Seba, Y. Jacki Uly., S.I.K., M.H selalu Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem kembali melaksanakan Kunjungan Reses Perseorangan di masyarakat Desa Ramedue, Kabupaten Sabu Raijua, […]

Jacki Uly Apresiasi Gerak Cepat Polisi Cegah TPPO di NTT

June 13, 2023

Drs. Y. Jacki Uly.,M.H Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem, JAKARTA, Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Jacki Uly mengapresiasi […]

ads
ads
ads