Gubernur Jateng : Curah Hujan Tinggi, Semua Wilayah Wajib Siaga Satu

February 9, 2021 / pojoknus
FB_IMG_16128558129624077

Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

POJOK NUSANTARA-Semarang,Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta seluruh wilayah di daerahnya untuk siaga satu. Hal itu menyusul sejumlah daerah di Jawa Tengah yang terendam banjir, dikarenakan curah hujan yang tinggi pada Sabtu (6/2/2021).

“Banjir yang terjadi hari ini, dari laporan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dikarenakan kondisi curah hujan yang ekstrem. Terjadi di beberapa daerah, khususnya Kota Semarang, maka saya minta BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) siaga, masyarakat serta tempat pengungsian disiapkan termasuk logistik semua dipastikan aman,” kata Ganjar di rumah dinasnya.

Ganjar mengingatkan semua kepala daerah untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi. Sebab, menurut prakiraan BMKG, cuaca ekstrem akan terjadi selama seminggu.

“Kita harus siaga terus menerus, karena BMKG mengingatkan setidaknya kurang lebih seminggu ini kita harus siaga terus menerus karena cuaca ekstrem,” terang Ganjar.

Ganjar juga meminta semua daerah mengutamakan keselamatan masyarakat. Terutama yang tinggal di daerah rawan, harus segera diungsikan.

Sampai saat ini, Ganjar menyebut pengungsian sudah ada di Kota Pekalongan dan Kabupaten Kudus, serta beberapa wilayah di Kota Semarang juga sudah ditangani.

“Kondisi pengungsian saya minta dibuat di tempat yang lebih lega. Karena ini lagi COVID-19, harus disiapkan agar semuanya aman. Saya minta semua siaga satu,” tegas Ganjar.

Sementara itu, pihaknya sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak seperti BBWS, PSDA (Pengelola Sumber Daya Air) dan daerah terdampak banjir untuk bersiaga dan memastikan semua pompa berjalan.

Terkait transportasi publik yang terdampak, Ganjar mengatakan bandara Internasional Ahmad Yani sudah mengoptimalkan 43 pompa yang ada, namun tidak bisa menyerap genangan dengan cepat sebab tempat pembuangan air juga tinggi.

“Maka kondisi ini membutuhkan tindakan ekstra, meski sampai pukul 15.00 WIB saya dilapori bahwa genangan di runway sudah surut, namun di taxy way belum. Maka diputuskan arus penerbangan dipindahkan ke Solo,” jelas Ganjar.

Termasuk perjalanan kereta api yang juga terhambat, Ganjar mengatakan pihak PT Kereta Api Indonesia sudah berkoordinasi untuk mengelola dan meindahkan jalur-jalur yang lebih aman.

“Kami koordinasi terus menerus, dan saya terus memantau perkembangannya,” tandas Ganjar.(Humas Prov Jateng/PN)

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Desa Siru Gelar Musrembangdes

February 23, 2021

Situasi Musrembangdes POJOK NUSANTARA-Labuan Bank,Pemerintah Desa Siru, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), untuk tahun rencana 2022.(08/02/2022). Camat Lembor, yang […]

GMIT Klasis Sabu Timur Himbau Warga Sabu Jaga Ketertiban & Kondusifitas Hingga Pelantikan Bupati Nanti

February 20, 2021

POJOK NUSANTARA-Sabu, Gereja Mahsei Injili di Timor (GMIT) mengajak masyarakat Sabu Raijua agar selalu menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) pasca pelaksanaan pemilihan Bupati dan […]

Pendistribusian 1000 Sembako Presiden RI Kepada Masyarakat Disekitar Waduk NAPUN GETE

February 20, 2021

POJOK NUSANTARA- Maumere,Bertempat di Lapangan Makodim 1603/Sikka Jln. Jend. Ahmad Yani Kel. Waioti Kec. Alok Timur Kab. Sikka, telah dilangsungkanya apel persiapan pembagian bantuan presiden […]

Kodim 1613/SB Membagikan Bantuan Sembako Presiden RI

February 19, 2021

Pembagian Sembako Dimasyarakat POJOK NUSANTARA-Waikabubak, Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Irawan Agung Wibowo,S.T,M.Tr(Han) bersama Polres Sumba Barat beserta Ketua dan Pengurus Persit Koorcab XVIII Kodim […]

Danrem 161/Wira Sakti ikuti Rapim TNI Tahun 2021

February 19, 2021

POJOK NUSANTARA- Kupang,Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2021 secara virtual, Selasa (16/02/2021) di Ruang Rapat Mako […]

ads
ads
ads