Gubernur Jateng : Curah Hujan Tinggi, Semua Wilayah Wajib Siaga Satu

February 9, 2021 / pojoknus
FB_IMG_16128558129624077

Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

POJOK NUSANTARA-Semarang,Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta seluruh wilayah di daerahnya untuk siaga satu. Hal itu menyusul sejumlah daerah di Jawa Tengah yang terendam banjir, dikarenakan curah hujan yang tinggi pada Sabtu (6/2/2021).

“Banjir yang terjadi hari ini, dari laporan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dikarenakan kondisi curah hujan yang ekstrem. Terjadi di beberapa daerah, khususnya Kota Semarang, maka saya minta BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) siaga, masyarakat serta tempat pengungsian disiapkan termasuk logistik semua dipastikan aman,” kata Ganjar di rumah dinasnya.

Ganjar mengingatkan semua kepala daerah untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi. Sebab, menurut prakiraan BMKG, cuaca ekstrem akan terjadi selama seminggu.

“Kita harus siaga terus menerus, karena BMKG mengingatkan setidaknya kurang lebih seminggu ini kita harus siaga terus menerus karena cuaca ekstrem,” terang Ganjar.

Ganjar juga meminta semua daerah mengutamakan keselamatan masyarakat. Terutama yang tinggal di daerah rawan, harus segera diungsikan.

Sampai saat ini, Ganjar menyebut pengungsian sudah ada di Kota Pekalongan dan Kabupaten Kudus, serta beberapa wilayah di Kota Semarang juga sudah ditangani.

“Kondisi pengungsian saya minta dibuat di tempat yang lebih lega. Karena ini lagi COVID-19, harus disiapkan agar semuanya aman. Saya minta semua siaga satu,” tegas Ganjar.

Sementara itu, pihaknya sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak seperti BBWS, PSDA (Pengelola Sumber Daya Air) dan daerah terdampak banjir untuk bersiaga dan memastikan semua pompa berjalan.

Terkait transportasi publik yang terdampak, Ganjar mengatakan bandara Internasional Ahmad Yani sudah mengoptimalkan 43 pompa yang ada, namun tidak bisa menyerap genangan dengan cepat sebab tempat pembuangan air juga tinggi.

“Maka kondisi ini membutuhkan tindakan ekstra, meski sampai pukul 15.00 WIB saya dilapori bahwa genangan di runway sudah surut, namun di taxy way belum. Maka diputuskan arus penerbangan dipindahkan ke Solo,” jelas Ganjar.

Termasuk perjalanan kereta api yang juga terhambat, Ganjar mengatakan pihak PT Kereta Api Indonesia sudah berkoordinasi untuk mengelola dan meindahkan jalur-jalur yang lebih aman.

“Kami koordinasi terus menerus, dan saya terus memantau perkembangannya,” tandas Ganjar.(Humas Prov Jateng/PN)

Posted in
art1

Jangan Lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Menteri Johnny: Tidak Mudik, Tak Kurangi Nilai Silaturahmi

May 17, 2021

POJOK NUSANTARA – Jakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan lebaran digital keren dan tidak mengurangi nilai silaturahmi. Bahkan dengan berlebaran secara virtual […]

Harapan Masyarakat Botin Leobele Untuk Bupati & Wakil Bupati Malaka

May 16, 2021

POJOK NUSANTARA – Betun, Keluarga besar Kecamatan Botin Leobele mengucapkan selamat atas pelantikan bupati dan wakil bupati Malaka harapan masyarakat akan perubahan akan terjawab setelah […]

Pemuda Elim Kupang Lakukan Penghijauan Di Desa Oelpuah

May 15, 2021

Pemuda Elim Lasiana Kupang Bersama Masyarakat Desa Oelpuah POJOK NUSANTARA- Oelamasi, Pemuda-pemudi GMIT Jemaat Elim Lasiana (Jellas), Kota Kupang kembali melaksankan program kerja di awal […]

Data Monitor Tunjukkan Kasus Covid 19 Di Kota Kupang Tetap Meningkat

May 15, 2021

POJOK NUSANTARA – Kupang,Perkembangan kenaikan kasus Covid 19 telah mencapai ribuan kasus di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan wilayah paling tinggi kasus terbanyak berada di […]

Pemprov Jabar Putarbalik 22 Ribu Kendaraan Pemudik

May 13, 2021

POJOK NUSANTARA -KOTA BANDUNG, Selama dua hari penyekatan pada masa pelarangan mudik 6-17 Mei 2021, petugas gabungan kabupaten/kota berhasil memutar balik 22.000 kendaraan kembali ke […]

ads
ads
ads